RPP Microteaching Seni Budaya Berkarya 3D
Microteaching
RANCANGAN PELAKSAAN PEMBELAJARAN
Kelas/Semester : X/1
Materi
Pokok : Berkarya Seni Rupa Tiga
Dimensi (3D)
Sub
Materi : Pengertian Karya
Seni Rupa Tiga Dimensi
Waktu : 1 x 20 Menit
A. Kompetensi Inti (KI)
1.
KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
KI 2 :
Menghayati dan menamalkan perilaku jujur , disiplin, tanggung jawab,
peduli,
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responfsif dan proaktif,
dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual,
prosedural, berdasarkan rasa keingintahuannya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4.
KI 4 :
Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar (KD)
1.
KD 1.1 : menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan
serta bangga terhadap
karya
seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan.
2.
KD 2.1 :
menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui
aktivitas berkesenian.
KD
2.2 : Menunjukkan sikap santun,
jujur, cinta damai dalam mengapresiasi dan
pembuatannya
KD
2.3 : Menunjukkan sikap responsip
dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan
dan
sesama, serta menghargai karya seni dan pembuatnya.
3.
KD 3.1 :
Memahami bahan, media dan teknik dalam proses berkarya seni rupa
4.
KD 4.1 :
Membuat karya seni rupa tiga dimensi
berdasarkan melihat model
Indikator : Memperesentasikan patung atau karya
seni rupa tiga dimensi hasil buatan sendiri dengan lisan maupun tulisan.
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah
mempelajari materi ini, peserta didik diharapkan dapat mengapresiasi dan
berkreasi seni rupa, sebagai berikut:
Ø Mengidentifikasi jenis karya seni rupa tiga dimensi (3D),
berdasarkan tema dan fungsinya.
Ø Mengidentifikasi nilai estetis dalam karya seni rupa 3D
Ø Membandingkan
jenis karya seni rupa 3 dimensi, berdasarkan tema dan fungsinya
Ø Membua
konsep karya seni rupa 3 dimensi (3D)
D. Materi Pembelajaran
Fakta
·
Apresiasi karya seni rupa tiga dimensi
·
Unsur dan objek krya seni rupa tiga
dimensi
Konsep
·
Karya seni rupa igaa dimensi adalah jenis karya seni rupa yang penikmatan atau pencerapan objeknya
hanya pada satu sisi saja
·
Karya seni rupa 3 dimensi dapat dikategorikan ke dalam karya seni rupa terapan dan seni rupa murni
berdasarkan orientasi atau tujuan pembuatan
Prinsip
·
Memberikan contoh karya seni rupa tiga dimensi baik yang tergolong terapan maupun murni.
·
Menunjukkan contoh karya seni rupa 3 dimensi dengan penataan visual, contoh karya seni rupa tradisional maupun modern, karya seni rupa daerah, nasional dan mancanegara
Prosedur
Memahami konsep
seni rupa tiga dimensi dalam rangka memfasilitasi pengetahuan dan keterampilan
kepada peerta didik dalam berkarya seni rupa tiga dimensi
E. Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan saintifik
2.
Diskusi
3.
Penugasan
F. Model Pembelajaran
Discovery Learning
G. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
2. LCD projector
3. Alat
4. Patung, Guci dll
5. Sumber Belajar
Kurikulum 2013, Buku Paket Seni Budaya Kelas X, Buku-buku lain yang relevan, Informasi melalui
media cetak dan internet
H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Setelah menjelaskan indikator dan tujuan pembelajaran, guru memberikan contoh karya seni rupa tiga
dimensi, guru menginformasikan mengenai unsur rupa yang terdapat
pada karya yang diberikan kemudian
peserta didik mulai dapat menemukan karya seni rupa 3 dimensi. selanjutnya secara individu peserta didik praktik membuat karya seni rupa 3 dimensi, setelah itu mereka menganalisa karya rupa tersebut baik dari
segi unsur, medium, alat yang digunakan serta fungsi dari karya rupa yang dibuat. Selama proses pembelajaran, dilakukan penilaian proses pada aktivitas di kelas.
Pertemuan 1
Rincian
kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan/Kegiatan
Awal
Ø Guru mengajak
siswa untuk berdoa sebelum memulai pelajaran
Ø Guru
mengontrol kehadiran siswa
Ø Menjelaskan
kaitan indicator dengan kompetensi dasar
Ø Menyampaikan
tujuan pembelajaran
Ø Bertanya
secara lisan tentang pengertian seni rupa tiga dimensi
Ø Siswa mencari
tau dan menyampaikan pendapatnya tentang karya seni rupa tiga dimensi
|
5
menit
|
Kegiatan Inti
Mengamati
Ø Guru
memfasilitasi peserta didik untuk melihat karya seni rupa 3 dimensi melalui
beberapa contoh karya yang disiapkan.
Ø Guru menilai
dan mengamati aktifitas siswa
Menanya
Ø Peserta didik
di motivasi untuk bertanya tentang medium dan alat yang digunakan dalam
pembuatan karya seni rupa 3 dimensi
Ø Peserta didik
dimotivasi untuk menyampaikan pendapat tentang definisi karya seni rupa 3
dimensi
|
10
menit
|
Penutup
Ø Peserta didik
diberikan kesempatan untuk menyimpulkan definisi dan mampu menidentifikasi
karya sei rupa 3 dimensi
|
5
menit
|
Komentar
Posting Komentar